BAB I. Evaluasi Pembelajaran
2
Hal: 16-18
A.
Pilihlah jawaban yang tepat!
1.
Pernyataan berikut ini yang menunjukkan
pengertian negara menurut Karl Marx adalah...
a.
Alat atau wewenang yang mengatur persoalan
bersama atas nama rakyat
b.
Organisasi kekuasaan dari sekelompok manusia
yang mendiami wilayah tertentu
c.
Organisasi kemasyarakatan yang mempunyai tujuan
untuk mengatur masyarakat dengan kekuasaannya
d.
Alat kelas yang berkuasa untuk menindas
kelas yang lain
e.
Organisasi kesusilaan yang muncul sebagai
sintetis dari kemerdekaan individual
2.
Perhatikan konsep berikut!
Konsep tersebut
menjelaskan pengertian negara yang dikemukakan oleh...
a.
Kranenburg
b.
Hegel
c.
Logemann
d.
George Jellinek
e.
Roger F. Soltau
3. Perhatikan
alur berikut!
Alur tersebut
menunjukkan fase terjadinya negara dari fase ... menuju fase ...
a.
Genootschaft, rijk
b.
Rijk, genootschaft
c.
Rijk, negara nasional
d.
Negara demokrasi, negara nasional
e.
Negara oligarki, negara demokrasi
4. Perhatikan
informasi berikut!
Jika dikaitkan
dengan proses pertumbuhan sekunder, negara Israel memperoleh wilayah negara
dengan cara..
a. Proclamation
b.
Separatisme
c. Innovation
d. Accessie
e.
Anexatie
5. Perhatikan
sejarah terbentuknya negara berikut!
Negara dalam
sejarah tersebut terbentuk melalui...
a. Occupatie
b.
Fusi
c. Cessie
d. Accessie
e. Anexatie
6. Perhatikan
deskripsi berikut!
Primus interpares dalam deskripsi
tersebut disandang oleh...
a.
Keluarga
b.
Kelompok masyarakat
c.
Kepala suku
d.
Raja
e.
Rakyat
7. Perhatikan gambar berikut!
Sumber: http: //http://krjogja.com/read/258648/eksekusi-mati-indonesia-amerika-no-comment-kr, diunduh 11
Mei 2015
Negara dengan
bendera pada gambar memiliki susunan negara...
a.
Republik
b.
Monarki
c.
Persatuann
d.
Serikat
e.
Unitaris
8. Negara
melakukan perbaikan jalan raya, memfasilitasi kesehatan masyarakat dengan
membangun puskesmas. Negara juga meningkatkan kepedulian akan pendidikan dengan
program wajib belajar 12 tahun dan SM3T atau sarjana mengajat di pulau
terdepan, terluar, dan terdalam. Upaya pemerintah ini menunjukkan pelaksanaan
salah satu fungsi negara yaitu...
a.
Diplomatik
b.
Pertahanan
c.
Penyediaan
d.
Keadilan
e.
Pengawasan
9. Perbedaan
antara fungsi negara menurut Montesquieu dan fungsi negara menurut John Lock
terdapat dalam pernyataan...
a.
Montesquieu menempatkan fungsi eksekutif sebagai
pembuat undang-undang
b.
John Locke memasukkan fungsi federatif,
sedangkan Montesquieu memasukkan fungsi yudikatif
c.
Fungsi yudikatif Montesquieu menggantikan fungsi
federatif John Locke
d.
John Locke mengemukakan 2 fungsi negara,
sedangkan Montesquieu 3 fungsi
e.
John Locke tidak memasukkan unsur yudikatif,
sedangkan Mostesquieu memasukkan unsur federatif
10. Deskripsi
tentang daerah perwalian yang tepat terdapat pada pilihan jawaban...
a.
Daerah perwalian dapat dibedakan menjadi 2 macam
b.
Daerah perwalian belum mempunyai pemerintahan
sendiri
c.
Daerah perwalian dilindungi oleh negara lain
yang disebut saheren
d. Daerah
perwalian adalah daerah jajahan negara-negara yang kalah dalam Perang Dunia II
e.
Daerah perwalian sutu daerah jajahan negara
lain, bukan termasuk negara merdeka merupakan bagian dari negara jajahan
B. Kerjakan
soal-soal berikut!
1.
Pemerintah Indonnesia menetapkan mata uang
rupiah dan nilai nominalnya sebagai alat pembayaran untuh seluruh wilayah
Indonesia. Dengan demikian, tidak akan timbul masalah terkait nilai nominal
dalam transaksi ekonomi di seluruh wilayah Indonesia. Tuliskan pengertian
negara yang sejalan dengan pernyataan di atas!
2.
Perhatikan kasus berikut!
Jelaskan sifat uang dimiliki negara berkaitan dengan
kasus di atas!
3.
Jelaskan gambar berikut!
Sumber: http:// http://theconversation.com/east-timor-new-president-same-problems-for-women-6587, diunduh 11
Mei 2015
Tentukan carapembentukan negara berdasarkan teori
pertubuhan sekunder pada negara yang dipimpin oleh kepala negara pada gambar di
atas!
4.
Identifikasilah cara pembentukan Negara Kesatuan
Republik Indonesia berdasarkan teori pertumbuhan primer!
5.
Perhatikan gambar berikut!
Jelaskan bentuk kenegaraan pada negara berbendera
seperti gambar sebelum negara tersebut merdeka!
JAWAB
A.
1. D
2. A
3. A
4. E
5. B
6. C
7. D
8. C
9. B
10.
D
B.
1.Negara adalah alat atau
wewenang yang mengatur atau mengendalikan persoalan bersama atas nama rakyat.
2.Sifat memaksa. Setiap negara
memiliki kekuasaan yang sah untuk memaksa setiap rakyatnya tunduk terhadap
peraturan yang ada, agar tercipta kondisi yang aman dan tertib. Jika ada kasus
seperti itu, berarti terdakwa harus siap menanggung sanksi dan dendanya. Karena
itu juga termasuk dalam peraturan dan ketetapan negara yang harus ditaati.
3.Timor Timur. Melakukan
separatisme yang berarti suatu wilayah negara yang memisahkan diri dari negara
yang semula menguasainya dan kemudian menyatakan kemerdekaan.
4.Pada fase Genootschaft,
Indonesia masih berbentuk kelompok-kelompok. Lalu fase Kerajaan, di Indonesia
terdiri dari banyak kerajaan yang tersebar luas di seluruh Indonesia. Pada fase
negara Nasional yang masih diperintah oleh raja yang absolut dan
tersentralisasi, rakyat dipaksa untuk mematuhi dan hnya ada satu identitas
kebangsaan. Banyak rakyat yang semakin lama memiliki keinginan kesadaran tidak
ingin diperintah oleh raja absolut. Adanya keinginan tersebut, untuk
mengendalikan pemerintahan dan memilih pemimpinnya sendiri yang dianggap dapat
mewujudkan aspirasi mereka. Akhirnya, terbentuklah negara Demokrasi di
Indonesia.
5.Bentuk kenegaraan Brunei
Darussalam sebelum negara tersebut merdeka yaitu protektorat.
Protektorat adalah negara atau wilayah yang dikontrol (bukan dimiliki) oleh negara lain yang lebih kuat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar