Kamis, 27 Agustus 2015

Tugas PKn 2



BAB I. Evaluasi Pembelajaran 2
Hal: 16-18
   A.      Pilihlah jawaban yang tepat!
   1.       Pernyataan berikut ini yang menunjukkan pengertian negara menurut Karl Marx adalah...
a.       Alat atau wewenang yang mengatur persoalan bersama atas nama rakyat
b.      Organisasi kekuasaan dari sekelompok manusia yang mendiami wilayah tertentu
c.       Organisasi kemasyarakatan yang mempunyai tujuan untuk mengatur masyarakat dengan kekuasaannya
d.      Alat kelas yang berkuasa untuk menindas kelas yang lain
e.      Organisasi kesusilaan yang muncul sebagai sintetis dari kemerdekaan individual

2.       Perhatikan konsep berikut!





Text Box: Kehendak golongan/bangsa



 


Text Box: Negara                           

Konsep tersebut menjelaskan pengertian negara yang dikemukakan oleh...
a.      Kranenburg
b.      Hegel
c.       Logemann
d.      George Jellinek
e.      Roger F. Soltau

   3.       Text Box: Kelompok masyarakat dipimpin kepala sukuText Box: KeluargaPerhatikan alur berikut!













Text Box: Kesadaran membentuk bangsa
Text Box: Kepala suku menjadi raja



 



Alur tersebut menunjukkan fase terjadinya negara dari fase ... menuju fase ...
a.      Genootschaft, rijk
b.      Rijk, genootschaft
c.       Rijk, negara nasional
d.      Negara demokrasi, negara nasional
e.      Negara oligarki, negara demokrasi

   4.       Perhatikan informasi berikut!


Text Box:  Sebelum menjadi negara Israel tidak memiliki wilayah sama sekali. Selanjutnya, Israel melakukan gerilya ke negara Arab (Palestina). Israel aktif melakukan pengusiran dan serangan hingga akhirnya mereka memperoleh sebagian besar wilayah Palestina, Suriah, Yordania, dan Mesir. Setelah memperoleh wilayah, Israel segera mendeklarasikan dirinya sebagai negara merdeka tahun 1948. Saat ini Israel masih terus memperluas wilayahnya.
 





Jika dikaitkan dengan proses pertumbuhan sekunder, negara Israel memperoleh wilayah negara dengan cara..
a.      Proclamation
b.      Separatisme
c.       Innovation
d.      Accessie
e.       Anexatie

   5.       Perhatikan sejarah terbentuknya negara berikut!


Text Box:  Terbentuknya federasi Kerajaan Jerman pada tahun 1871. Pada masa abad IX hingga tahun 1806 daerah kekaisaran Jerman mencakup wilayah Jerman, Austria, Slovenia, Ceko, Polandia Barat, Prancis Timur, Swiss, dan Italia Utara. Pada perkembangan selanjutnya, terjadi perang Napoleon sehingga terbentuk federasi Kerajaan Jerman pada tahun 1871-1918.
 








Negara dalam sejarah tersebut terbentuk melalui...
a.      Occupatie
b.      Fusi
c.       Cessie
d.      Accessie
e.       Anexatie

   6.       Perhatikan deskripsi berikut!


Text Box:  Dalam proses pertumbuhan primer sebuah negara terbentuk dari keluarga, keluarga menjadi kelompok masyarakat (dipimpin seorang kepala suku), kepala suku menjadi raja, dan terbentuklah negara nasional (diperintah raja). Kepemimpinan bersifat absolut sehingga menimbulkan reaksi dari rakyat. Rakyat menginginkan pemerintahan yang prorakyat sehingga muncul negara demokrasi.
 







Primus interpares dalam deskripsi tersebut disandang oleh...
a.       Keluarga
b.      Kelompok masyarakat
c.       Kepala suku
d.      Raja
e.      Rakyat

   7.       http://img.krjogja.com/thumbhead/d8b7266c4e75afad6b5f9c60eaf84e35_thumb.jpgPerhatikan gambar berikut!




Negara dengan bendera pada gambar memiliki susunan negara...
a.       Republik
b.      Monarki
c.       Persatuann
d.      Serikat
e.      Unitaris

   8.       Negara melakukan perbaikan jalan raya, memfasilitasi kesehatan masyarakat dengan membangun puskesmas. Negara juga meningkatkan kepedulian akan pendidikan dengan program wajib belajar 12 tahun dan SM3T atau sarjana mengajat di pulau terdepan, terluar, dan terdalam. Upaya pemerintah ini menunjukkan pelaksanaan salah satu fungsi negara yaitu...
a.       Diplomatik
b.      Pertahanan
c.       Penyediaan
d.      Keadilan
e.      Pengawasan

   9.       Perbedaan antara fungsi negara menurut Montesquieu dan fungsi negara menurut John Lock terdapat dalam pernyataan...
a.       Montesquieu menempatkan fungsi eksekutif sebagai pembuat undang-undang
b.      John Locke memasukkan fungsi federatif, sedangkan Montesquieu memasukkan fungsi yudikatif
c.       Fungsi yudikatif Montesquieu menggantikan fungsi federatif John Locke
d.      John Locke mengemukakan 2 fungsi negara, sedangkan Montesquieu 3 fungsi
e.      John Locke tidak memasukkan unsur yudikatif, sedangkan Mostesquieu memasukkan unsur federatif

   10.   Deskripsi tentang daerah perwalian yang tepat terdapat pada pilihan jawaban...
a.       Daerah perwalian dapat dibedakan menjadi 2 macam
b.      Daerah perwalian belum mempunyai pemerintahan sendiri
c.       Daerah perwalian dilindungi oleh negara lain yang disebut saheren
d.      Daerah perwalian adalah daerah jajahan negara-negara yang kalah dalam Perang Dunia II
e.      Daerah perwalian sutu daerah jajahan negara lain, bukan termasuk negara merdeka merupakan bagian dari negara jajahan

   B.      Kerjakan soal-soal berikut!
1.       Pemerintah Indonnesia menetapkan mata uang rupiah dan nilai nominalnya sebagai alat pembayaran untuh seluruh wilayah Indonesia. Dengan demikian, tidak akan timbul masalah terkait nilai nominal dalam transaksi ekonomi di seluruh wilayah Indonesia. Tuliskan pengertian negara yang sejalan dengan pernyataan di atas!
2.       Perhatikan kasus berikut!
Jelaskan sifat uang dimiliki negara berkaitan dengan kasus di atas!

3.       Jelaskan gambar berikut!
https://62e528761d0685343e1c-f3d1b99a743ffa4142d9d7f1978d9686.ssl.cf2.rackcdn.com/files/9829/article/width668/vtzkpgwy-1335141230.jpg
Tentukan carapembentukan negara berdasarkan teori pertubuhan sekunder pada negara yang dipimpin oleh kepala negara pada gambar di atas!

4.       Identifikasilah cara pembentukan Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan teori pertumbuhan primer!

5.       Perhatikan gambar berikut!
Brunei National Flag wallpaper1
Jelaskan bentuk kenegaraan pada negara berbendera seperti gambar sebelum negara tersebut merdeka!


JAWAB
A.       
1. D
2. A
3. A
4. E
5. B
6. C
7. D
8. C
9. B 
10.   D

B.       
1.Negara adalah alat atau wewenang yang mengatur atau mengendalikan persoalan bersama atas nama rakyat.
2.Sifat memaksa. Setiap negara memiliki kekuasaan yang sah untuk memaksa setiap rakyatnya tunduk terhadap peraturan yang ada, agar tercipta kondisi yang aman dan tertib. Jika ada kasus seperti itu, berarti terdakwa harus siap menanggung sanksi dan dendanya. Karena itu juga termasuk dalam peraturan dan ketetapan negara yang harus ditaati.
3.Timor Timur. Melakukan separatisme yang berarti suatu wilayah negara yang memisahkan diri dari negara yang semula menguasainya dan kemudian menyatakan kemerdekaan.
4.Pada fase Genootschaft, Indonesia masih berbentuk kelompok-kelompok. Lalu fase Kerajaan, di Indonesia terdiri dari banyak kerajaan yang tersebar luas di seluruh Indonesia. Pada fase negara Nasional yang masih diperintah oleh raja yang absolut dan tersentralisasi, rakyat dipaksa untuk mematuhi dan hnya ada satu identitas kebangsaan. Banyak rakyat yang semakin lama memiliki keinginan kesadaran tidak ingin diperintah oleh raja absolut. Adanya keinginan tersebut, untuk mengendalikan pemerintahan dan memilih pemimpinnya sendiri yang dianggap dapat mewujudkan aspirasi mereka. Akhirnya, terbentuklah negara Demokrasi di Indonesia.
5.Bentuk kenegaraan Brunei Darussalam sebelum negara tersebut merdeka yaitu protektorat.
   Protektorat adalah  negara atau wilayah yang dikontrol (bukan dimiliki) oleh negara lain yang lebih kuat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar